Padepokan 54

Sejarah Perubahan Nama Sekolah

Posted on: November 22, 2008


Secara Astronomis SMAN 1 Kedungwaru atau yang lebih dikenal dengan SMARIDUTA terletak pada dan , dan secara geografis terletak disebelah timur perempatan RS. Lama. SMA ini mempunyai sejarah yang agak unik, karena gedungnya berdiri paling lama tapi termasuk SMA yang relatif masih muda.

Berdirinya gedung SMA Tulungagung seperti pada tulisan pada gerbang depan, dipakai sejak tahun pelajaran 1964/1965 (dahulu tahun ajaran di mulai 1 September) dan satu-satunya SMA di Kabupaten Tulungagung. Gedung ini merupakan gedung baru bagi SMA Mardi Putra (Swasta) yang didirikan tahun 1959 dan diNegerikan pada tahun 1960. Dengan demikian sejak tahun 1960 s/d 1964 berada di gedung lama di Jl. Pang. Sudirman Tulungagung.

Dengan berdirinya SMPP tahun 1974, semua SMA berubah menjadi SMPP termasuk SMA yang berlokasi di Kedungwaru. SMPP membangun gedung baru yang berlokasi di Desa Beji Kecamatan Boyolangu. Sehingga kegiatan KBM saat itu berlangsung di dua tempat yaitu di Boyolangu dan Kedungwaru. Pada tahun pelajaran 1980/1981 gedung SMPP di Boyolangu sudah selesai di bangun. Dengan demikian seluruh kegiatan KBM dilaksanakan di SMPP di Desa Beji Kecamatan Boyolangu.
Pada penerimaan siswa baru tahun1980/1981 SMA Negeri Tulungagung mulai aktif sebagai sekolah baru dengan nama masih tetap menggunakan nama SMA Negeri 1 Tulungagung. Sejak keluar SK nomor 02606/O/1980 tentang pembukaan sekolah maka SMA Negeri Tulungagung secara resmi berdiri sejak 1 Juli 1980. dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 0507/O/1989 tentang perubahan nama sekolah di Propinsi Jawa Timur maka SMA Negeri Tulungagung menjadi SMA Negeri 1 Tulungagung.dengan SK Mendikbud tentang perubahan nemenklatur nomor 035/O/1997 tanggal 7 maret 1997 maka SMA Negeri 1 Tulungagung berubah menjadi SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung.

semoga jaya selalu bagi SMA Negeri 1 Kedungwaru

———————————————————————————————–

Nah ini yang aneh , nama sekolah kok berubah terus ya. Padahal dulu kami-kami  dengan kebanggaan masuk SMA Negeri 1 Tulungagung. Kok sekarang jadi SMA Negeri 1 Kedungwaru ???!!! Sebagai contoh di Surabaya, nama SMA tidak ada yang menggunakan kecamatan sebagai basis penamaan, tetap saja memakai nama SMA Negeri 1 Surabaya, bukan SMA Negeri 1 Gubeng. Atau jangan-jangan SMA 1 Tulungagung akan dipindah tangan kan namanya ke Boyolangu setelah terjadi pelebaran wilayah kecamatan Tulungagung ? Save Padepokan 54 !!!

3 Tanggapan to "Sejarah Perubahan Nama Sekolah"

Aku heran, aku juga heran. Saya lulusan tahun 1985/1986 dari SMPP TULUNGAGUNG (Beji Boyolangu). Trus, kudengar diganti jadi SMA 2 TULUNGAGUNG? benar ta?

Kalo gitu, ya ginama nilai sejarahnya? Dulu namanya BUDI sekarang jadi BERNARD? Dulu WATI sekarang jadi WANDA? he he he

Dulu waktu sekolah namanya SMPPN Tulungagung kemudian ganti SMAN2 Tl.agung terus SMAN Boyolangu……wach tambah susah kepaten obor , nggoleki asal sekolahe wae angele setengah mati………apa maneh konca2 seangkatan …. Maunya sich pengin nostalgia ke tempat sekolah, jangan2 malah dianggap jadi “womg liya” (Djun lulusan 1981)

Wis kabeh Nggak usah bingung,ngono wae kok bingung,yang penting semua jangan bingung….biar aku aja yang bingung..he..he..he.salam kangen konco2 kabeh (Batam,Sugiono,IPA2/smpp TA/1983/84)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

sponsor




Blog ini telah dikunjungi sebanyak

  • 21,552 kali
%d blogger menyukai ini: