Padepokan 54

Menanti Pengumuman SNMPTN

Posted on: Juli 4, 2008

Sampai saat ini semua lembar jawaban komputer, SNMPTN sedang diolah di beberapa tempat. salah satunya adalah di Puskom ITS Surabaya. Mungkin anda bertanya-tanya kenapa pengumuman SNMPTN untuk hasil ujiannya perlu waktu lebih satu bulan ? kenapa tidak bisa dalam waktu satu minggu saja?

Mari kita telusuri bersama. pada saat pendaftaran SNMPTN setiap calon mahasiswa akan menerima nomor registrasi dan nomor ujian. Tentu sja nomor yang diberikan kepada masing-masing peserta adalah unik atau tidak ada duanya. Nomor ujian inilah yang disimpan dalam server komputer SNMPTN yang entah dimana letaknya.

Pada saat ujian berlangsung, setiap peserta ujian yang mengerjakan diharuskan menuliskan data nomor ujian, nama dan alamatnya pada LJK yang dibagikan. Sebenarnya cukup dengan nomor ujian saja sudah cukup untuk mengetahui lembar jawaban komputer milik siapa. Tetapi mungkin karena software rancangannya tidak didesain untuk mengenali nomor ujian saja, dan siapa juga yang mau memasukkan data pribadi masing-masing peserta yang jumlahya sampai ratusan ribu, padahal nanti cuma yang lulus saja yang akan diambil datanya untuk diserahkan ke PTN yang menerima.

Lembar jawaban yang masuk ke panitia akan dikumpulkan ke tempat pemeriksaan lembar jawaban. Satu per satu LJK dikoreksi oleh scanner dengan kecepatan tinggi hingga 25 ppm (lembar per menit). Hanya 25 lembar per menit????. Ya, artinya kalau ada 300 ribu LJK, akan bisa diperiksa dalam waktu 12 ribu menit atau setara dengan 200 jam atau juga stara dengan 8 hari 8 jam. Itu dengan asumsi mesin bekrja tanpa henti dan tidak ada kesalahan sama sekali.

Kemudian bagaimana scanner bekerja? Apapun feature yang telah ditambahkan pada scanner, tetap saja scanner akan bekerja melalui beberapa tahap :

1. pembacaan koordinat permukaan berdasarkan kotak kotak kecil di pinggir kertas.
2. membaca data sesuai dengan setting Lembar Jawaban.
3. membaca dimana posisi bulatan hitam (bukan menentukan apakah di posisi tertentu ada bulatan hitam seperti kalau seorang guru memeriksa kertas ujian multiple choice.)

Tahap 3 itulah yang kebanyakan dari kita yang awam masih sering salah paham. Jelas bahwa scanner mendeteksi posisi bulatan hitam. Bila keberadaannya tidak pada posisi yang benar maka scanner akan menolaknya.Yang saya maksud dengan posisi yang tidak benar termasuk di dalamnya adalah adanya penulisan jawaban rangkap. Scanner bisa diset supaya menolak bila pada koordinat tertentu terdapat bulatan hitam lebih dari satu buah.

Hasil pemeriksaan LJK akan dibawa ke panitia pusat SNMPTN. Di sana baru dilakukan penyaringan sesui dengan yang diperlukan masing-masing PTN. Ingat!!! di sini masih ada campur tangan rektor lho!!! Misalnya kalau ada 2 orang memilih PTN yang sama, skornya sama, tetapi yang satu memilih PTN itu sebagai pilihan kedua, maka yang diutamakan adalah yang memilih PTN sebagai pilihan pertama. Logika sperti ini yang dimasukkan ke dalam software penyaringan.

Baru setelah tidak ada lagi yang salah, Pengumuman SNMPTN bisa dipublikasikan melalui website.

Mengingat jalur pemeriksaan sangat panjang, maka banyak-banyaklah berdo’a supaya diterima. Kemungkinan yang menyebabkan kita tidak diterima adalah sebagai berikut

  1. Memang nilai kita gak nyampe skor yang ditentukan
  2. Kesalahan kita mengisi LJK (kurang tebel pinsilnya, penghapusnya kotor dll)
  3. Ada masalah pengiriman ke tempat pemeriksaan scanner (jatuh, ilang dll)
  4. Ada masalah saat memasukkan LJK ke scanner (ketumpahan kopi, tersobek, dll)
  5. Kemungkinan lain diluar kekuasaan manusia

Sekarang mumpung belum keluar pengumunan SNMPTN nya, lebih baik belajar internet, daripada nge net ga karuan. Di sini akan diajari caranya menghasilkan tambahan uang saku melalui internet yang kita pake.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

sponsor




Blog ini telah dikunjungi sebanyak

  • 21,552 kali
%d blogger menyukai ini: